Uncategorized

3 tips penting untuk melindungi privasi data pengguna Android

Hari ini adalah Hari Privasi Data! Atau, seperti yang dikenal di Eropa, Data Protection Day. Di Opera, kami percaya dalam membentuk masa depan sebuah web mobile dan aplikasi mobile yang lebih aman.

Dengan adopsi masal smartphone, beberapa dari kamu mungkin ingin melindungi privasi data kamu tidak hanya ketika menggunakan browser untuk mengakses web, tetapi juga saat menggunakan aplikasi lain pada Android. Kami ingin berbagi tiga tips mudah untuk melindungi privasi data pada Android.

Hati-hati terhadap Wi-Fi hotspot yang tidak aman

Wi-Fi hotspot gratis terdapat di mana-mana, dan itu selalu menggoda untuk terhubung ke Wi-Fi agar dapat menghemat biaya paket data. Tetapi berhati-hatilah. Menghubungkan ke Wi-Fi hotspot gratis yang tidak aman ini bisa menimbulkan resiko terhadap informasi pribadi kamu. Siapapun dapat dengan mudah mencegat lalu lintas data melalui hotspot Wi-Fi yang tidak aman dan mendapatkan informasi yang kamu kirim melalui aplikasi dan browser, seperti username, password, dan bahkan informasi pribadimu. Penyedia Wi-Fi hotspot yang tidak etis mungkin melewati mekanisme keamanan standar yang digunakan untuk melindungi data kamu seperti HTTPS dan penggunaan sertifikat keamanan, sebelum memberikan akses ke Wi-Fi hotspot gratis.

Pastikan kamu tidak jatuh ke dalam perangkap ini. Jika kamu harus terhubung ke salah satu dari ini jaringan Wi-Fi umum gratis, pastikan untuk mengamankan lalu lintas data aplikasimu dengan lapisan tambahan enkripsi dari aplikasi VPN terpercaya.

Hindari berbagi data sensitif melalui koneksi non-https

Bulan ini, Google akan mulai penandaan halaman web yang mencakup login atau informasi kartu kredit dengan pesan “Tidak Aman” jika halaman tidak menggunakan HTTPS, versi aman dari protokol internet. Dengan kata lain, menggunakan koneksi non-HTTPS berbahaya bagi data pribadi kamu. Namun, bila menggunakan aplikasi Android, sangat sulit untuk mengetahui apakah aplikasi menggunakan koneksi HTTPS atau tidak.

Hal ini sangat disarankan agar kamu menghindari memasukkan informasi pribadi yang sensitif ke dalam aplikasi Android jika kamu tidak yakin apakah mereka menggunakan praktik terbaik dan terbaru untuk menjaga privasi dan keamanan, atau kamu dapat memilih untuk mengenkripsi semua lalu lintas data.

Aplikasi penghemat data dan privasi data, Opera Max, memiliki mode Privasi yang dapat membantu kamu untuk mengetahui aplikasi mana yang dapat di percaya. Jadi jika kamu tidak yakin seberapa amannya sebuah aplikasi, kamu dapat melihat seberapa baiknya mode privasi suatu aplikasi dengan mode Privasi Opera Max.

Blokir pelacak

Kami pikir risiko terbesar bocornya privasi pengguna Android berasal dari aplikasi itu sendiri – terutama pada aplikasi yang terus-menerus mengirim pelacak kepada pihak ketiga tanpa memberitahu pengguna. Pelacak ini mengumpulkan data pribadi kamu dan menandai kamu sebagai target untuk menampilkan iklan. Namun, dengan lebih dari 1,5 juta aplikasi Android di luar sana dan terus bertambah, tidak ada satupun yang melacak aplikasi mana yang menghormati privasi kamu. Oleh karena itu, kami pikir itu penting untuk melihat apakah aplikasi pada ponselmu benar-benar melakukan dan memberikan cara untuk meminimalkan jenis pelacakan.

Bagaimana kami melindungi data pribadimu pada perangkat Android?

Tahun lalu, tim Opera Max memperkenalkan “mode privasi”, mode yang serupa dengan layanan VPN yang melindungi dan mengenkripsi data dan privasi pengguna Android. Mode privasi tidak hanya mengenkripsi penggunaan data di hotspot Wi-Fi terbuka, yang membuat hotspot menjadi lebih pribadi dan aman, tetapi juga menyaring permintaan pelacakan dari aplikasi itu sendiri.

Pada bulan Desember 2016, lebih dari satu juta pengguna aktif bulanan mengaktifkan mode privasi Opera Max. Mode ini telah melindungi lebih dari 63 juta permintaan.

Salah satu tujuan kami adalah untuk mendidik masyarakat tentang aplikasi mana yang membagikan data kepada pihak ketiga secara berlebihan. Harus menjadi praktek standar dalam industri aplikasi mobile untuk menginformasikan pengguna tentang apa yang dilakukan sebuah aplikasi terhadap data mereka.

Untuk mengetahui aplikasi yang menggunakan pelacak pada perangkat kamu, kami menyarankan untuk menginstal versi terbaru dari Opera Max dan mengaktifkan mode privasi saat menggunakan aplikasi pada jaringan mobile atau Wi-Fi. Ini adalah langkah pertama menuju privasi online yang lebih baik.

Happy Data Privacy Day!


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now