Opera tips

Cara Mudah Pindah Data ke Ponsel Baru Kamu

Mempunyai Smartphone baru merupakan hal yang menyenangkan, tapi melakukan pindah data-data yang tersimpan dari smartphone lama ke yang baru cukup memakan waktu dan terkadang menyebalkan jika gagal dalam prosesnya. Kemungkinan terburuk adalah kontak, musik dan foto harus dipindahkan satu-persatu dan bookmark situs favorit kamu pun harus dipindahkan secara manual ke ponsel baru.

blog import data ke hp lain

Berikut ada beberapa cara untuk dapat memindahkan semua data ke ponsel baru kamu, Opera Friends:

A. Cara memindahkan kontak dengan melakukan sinkronisasi

  • Melalui akun Google

Ini adalah cara yang paling mudah. Jika Opera Friends menggunakan Google account di smartphone kamu, kemungkinan besar kamu sudah sinkronisasi semua data Google kamu, termasuk data kontak. Kamu tinggal memasukkan username Google kamu di smartphone baru kamu dan secara otomatis akan langsung tersinkronisasi, Opera Friends.

  • Melalui memori eksternal / Micro SD

Jika ponsel lama dan ponsel baru kamu memiliki slot untuk memasukan memori eksternal, kamu dapat melakukan pemindahan kontak dengan cara :

  1. Buka pilihan/option di kontak ponsel kamu, lalu pilih “Export Contacts/Keluarkan kontak” dan pindahkan ke memori eksternal.
  2. Setelah itu, masukan memori eksternal/Micro SD mu ke slot memori ponsel baru mu.
  • Melalui SIM Card

Jika kamu tetap akan menggunakan SIM card yang sama, Opera Friends dapat dengan mudah memindahkannya dengan opsi export dalam setting buku kontak smartphone lama kamu. Namun, SIM Card hanya mempunyai kapasitas menyimpan sampai 200 kontak sehingga Opera Friends harus memilih beberapa kontak yang dirasa cukup penting untuk dipindahkan ke SIM card.

B. Cara memindahkan Gambar dan Musik

Gambar dan musik merupakan hal yang cukup penting bagi berbagai orang untuk ikut dipindahkan jika mempunyai ponsel baru. Namun yang menyulitkan, jumlah foto dan lagu yang ada di ponsel lama pasti tidak sedikit, dan terkadang proses pemindahannya pun menyulitkan. Berikut ada beberapa cara untuk memindahkan foto-foto dan lagu dengan mudah dan cepat :

  • Cara yang paling mudah untuk memindahkan foto adalah dengan menggunakan aplikasi cloud storage seperti Dropbox atau Google Drive. Aplikasi tersebut membantu kamu menyimpan foto-foto kamu secara otomatis sehingga dapat  mengakses foto-foto kapan saja dan dimana saja. Namun, cara ini masih belum bisa digunakan untuk menyimpan lagu-lagu.
  • Selain itu, kamu juga dapat mengirimkan gambar dan lagumu lewat Bluetooth. Tapi, jika ukuran foto atau lagu yang cukup besar , itu akan memakan waktu yang lama. Kamu juga dapat memindahkan dengan memori eksternal apabila kedua smartphone tersedia slot memori.
  • Cara yang paling umum dan efektif digunakan oleh orang-orang adalah dengan memindahkannya melalui PC. Dengan menggunakan kabel USB, kamu  dapat langsung meng-copy semua foto dan lagu ke PC, kemudian membalikannya ke ponsel baru, Opera Friends.

C. Cara sinkronisasi data-data browsing antar perangkat

Jika Opera Friends merupakan tipe orang yang sering browsing internet melalui beberapa perangkat yang berbeda, sebaiknya kamu menggunakan Opera di komputer maupun di smartphone kamu. Dengan menggunakan Opera, kamu bisa dengan mudah sinkronisasi data-data pencarian kamu di segala gadget. Terutama bagi kamu yang sering ganti gadget dari komputer, smartphone maupun tablet, kamu tidak harus khawatir lagi untuk kehilangan situs-situs favorit pada Speed Dial, bookmark hingga data browsing history.

Caranya cukup dengan masuk ke menu O lalu tab Pengaturan dan pilih Masuk ke Opera/Sign in to Opera pada Opera di smartphone kamu. Untuk melakukannya pada Opera di Komputer, pilih menu utama dan klik Sinkronkan/Sync.

Punya tips lainnya? Silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini atau pun melalui fanpage Opera Indonesia di Facebook, Twitter atau pun Instagram. Semoga bermanfaat!


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now