Browser

Perkenalkan mode hemat daya dari browser Opera untuk Komputer

power saver - mode hemat daya

Hari ini kami memperkenalkan fitur baru lainnya yang bisa kamu coba di browser Opera untuk komputer dalam versi pengembang 

Opera untuk komputer menjadi browser pertama yang memiliki fitur mode hemat daya ini. Dengan mode ini dapat memperpanjang usia baterai laptop hingga 50% jika dibandingkan dengan versi-versi terdahulu dari browser Opera untuk komputer maupun Google Chrome. Bergantung dari tipe dan spek masing-masing perangkat keras, pengguna dapat browsing beberapa jam lebih banyak sebelum waktunya untuk mengisi baterai kembali.

power saver - mode hemat daya

Khawatir kehabisan baterai

Peramban  adalah salah satu perangkat lunak yang paling sering digunakan pada komputer. Browser ini yang memungkinkan orang untuk bekerja di cloud, menjelajah web, mendengarkan musik dan menonton video. Namun demikian, memiliki banyak tab yang terbuka secara bersamaan sering kali menyebabkan terkurasnya baterai laptop dengan cepat dan mengurangi kinerja laptop. Dan saat kehabisan baterai adalah saat yang paling menyebalkan, terlebih ketika sedang asik browsing.

Penghematan baterai pada Opera untuk komputer dapat terjadi berkat optimasi yang kami lakukan, seperti mengurangi aktivitas dari tab latar belakang, menyesuaikan page-redrawing frequency dan pengaturan parameter video playback.

Cara kerja mode hemat daya

Menggunakan mode hemat daya baru sangatlah mudah. Setelah kabel listrik laptop dicabut, ikon baterai akan muncul di sebelah kolom pencarian dan alamat di browser Opera. Klik ikon baterai untuk mengaktifkan mode penghematan daya dan menyalakan tombol. Browser juga akan mendeteksi ketika baterai laptop sudah menipis dan akan menyarankan untuk mengaktifkan mode hemat daya.

Peningkatan performa

Versi pengembang dari Opera 39 ini membawa penyempurnaan kinerja lebih banyak lagi yang akan memperpanjang usia baterai laptop pengguna. Beberapa bagian dari kode telah disederhanakan, sementara tema animasi telah dioptimalkan. Dalam versi ini, Opera juga menguji cara cerdas mengelola memori, yang menjamin bahwa tab yang terus menerus dibuka seperti Gmail dan Facebook akan jauh lebih responsif.

Ad blocker bawaan yang baru-baru ini dirilis juga dapat mengurangi konsumsi memori hingga 47% dan juga memberikan kontribusi untuk usia baterai yang lebih tahan lama. Dengan menggunakan  ad blocker bersama dengan modus hemat daya berarti pengguna akan mendapatkan penghematan daya yang lebih baik dan juga peningkatan kinerja.

Hasil uji coba: 50% waktu lebih banyak untuk browsing

Dalam pengujian yang kami lakukan dan dirancang untuk mencerminkan cara orang menggunakan browser di kehidupan nyata, versi pengembang Opera terbaru mampu berjalan 50% lebih lama dari browser seperti Google Chrome di laptop yang menjalankan Windows 10, 64-bit.

power saver - mode hemat daya

Hasil dari mode penghemat daya yang digunakan pada postingan ini dilakukan pada Lenovo X250, Core i7-5600U, 16GB RAM pada Windows 10, 64-bit dengan high-performance power mode. Hasil ini didapatkan dari pengujian yang telah dilakukan pada 11 situs populer. Untuk pengujian kami menggunakan Selenium WebDriver. Setiap halaman dibuka di tab terpisah, tanpa menutup tab yang sebelumnya, dan kami scroll hingga 5 kali, kemudian ditinggalkan sendirian selama satu menit. Tes ini diulang hingga laptop benar-benar kehabisan baterai. Ketika pengujian ini dilakukan, modus hemat daya baterai serta ad blocker juga diaktifkan.

Perubahan pada fitur VPN

Selain mode hemat daya ini, kami juga menyempurnakan pengalaman browsing dengan VPN. Setelah mendengar banyak masukan dari para pengguna Opera, banyak yang me-request untuk mempermudah menjelajahi website pada mode VPN, sekaligus dapat mengakses website ketika VPN di non-aktifkan dengan cepat. Kebanyakan pengguna juga menginginkan kombinsai antara VPN dan mode penjelajahan pribadi. Sehingga, kami telah mengubah fitur VPN untuk menjadi bagian dari mode private browsing.

vpn opera

Opera percaya dengan adanya perubahan ini, fitur VPN pada browser Opera akan menyediakan privasi yang lebih baik untuk pengguna. Terlebih untuk mempermudah pengguna menemukan fitur VPN ini, maka tombol VPN diperlihatkan lebih jelas pada mode jendela pribadi.
Sebagai tambahan, pada VPN yang dirilis pertama kali, diketahui terdapat isu dimana IP original dapat ditemukan oleh halaman web melalui koneksi WebRTC. Kami telah memperbaikinya dengan menon-aktifkan WebRTC ketika menggunakan mode VPN.  

Jika Opera Friends memiliki saran, silahkan sampaikan pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini atau pun melalui Facebook dan Twitter Opera.

 

 


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now