Opera Apps

Atasi aplikasi Android yang boros kuota dan baterai smartphone

aplikasi boros data dan baterai

aplikasi boros data dan baterai

Sebagai pemilik smartphone, tentunya Opera Friends ingin mempunyai beragam aplikasi populer untuk menunjang  kehidupan sosial dan aktivitas sehari-hari. Namun, seringkali kamu mungkin menghadapi momen menyebalkan dimana baterai dan kuota data kamu habis tanpa disadari dan tidak bisa dipakai di tengah situasi genting.

Perlu kamu ketahui bahwa penyebab utama smartphone kamu boros baterai dan data, bukan hanya karena banyaknya jumlah aplikasi yang kamu install, melainkan juga jenis aplikasi yang kamu gunakan. Yang perlu kamu perhatikan adalah jenis aplikasi yang terus menggunakan data internet meskipun kamu sedang tidak aktif menggunakan smartphone. Data yang terus berjalan di latar belakang tentunya juga memancing smartphone kamu untuk memancarkan sinyal lebih sering. Hal tersebut lah yang memicu borosnya konsumsi baterai oleh smartphone Opera Friends.

Tips tetap irit ketika terakses internet

Jika kamu menggunakan beberapa aplikasi dibawah ini, ada tips singkat agar tetap irit dalam penggunaannya:

  • Instagram

Instagram merupakan salah satu aplikasi yang memakan cukup banyak kuota internet karena mempunyai fitur preloading foto dan video secara otomatis. Namun hal tersebut masih bisa diminimalisir. Kamu hanya perlu masuk ke halaman profil kamu, klik Options, dan pilih Cellular Data Use. Kamu akan diberi pilihan ‘Use Less Data’ jika kamu ingin lebih irit penggunaan data.

  • Spotify

Baru saja resmi masuk pasar Indonesia akhir bulan lalu, Spotify menawarkan layanan streaming lagu. Aplikasi ini ternyata cukup banyak menyedot kuota data karena setiap lagu-lagu  yang tersedia sangat berkualitas tinggi sehingga menguras kuota data. Agar lebih irit, Opera Friends dapat memilih opsi pengaturan Available offline untuk mengunduh album pilihan kamu dan didengar secara offline. Di Setting, kamu juga bisa memilih kualitas streaming kamu antara Automatic, Normal, High atau Extreme. Agar tidak boros kuota, pilihan terbaik adalah Normal.

  • Youtube

Aplikasi satu ini merupakan aplikasi yang sangat digemari oleh semua kalangan, namun  masuk dalam kategori aplikasi penyedot kuota internet terbanyak. Jika internet data di ponsel sedang memiliki koneksi yang bagus, secara otomatis video yang kamu lihat akan menampilkan kualitas video HD. Satu-satunya setting dalam YouTube yang bisa mencegah pemborosan data adalah dengan memilih Turn On Play HD on Wi-Fi only.

opera max savings

  • Snapchat

Aplikasi ini sedang hits banget dikalangan masyarakat Indonesia ini tapi ternyata banyak memakan kuota data internet dan baterai dengan berbagai fitur gambar dan video. Untungnya, Snapchat mempunyai fitur Travel Mode di Setting yang mengatur foto dan video dari akun yang teman kamu hanya akan terunduh saat kamu ingin melihatnya. Fitur ini menghemat data kamu hingga 2GB.

  • Path

Salah satu aplikasi media sosial yang juga popular di Indonesia, Path mempunyai disain aplikasi yang mengesankan serta fitur yang cukup lengkap.  Selain posting foto, kamu juga bisa posting video, tag lokasi, share tengah menikmati musik atau film apa dan juga chatting. Semua fitur yang tersedia dalam aplikasi ini menarik data internet yang cukup banyak sehingga dengan mudah menguras smartphone kamu.

  • Aplikasi prakiraan cuaca

Memang aplikasi seperti ini ini cukup penting bagi sebagian kalangan untuk mengetahui informasi cuaca secara tepat. Namun, pembaruan secara berkala dari aplikasi tersebut akan memakan banyak daya, apalagi jika kamu mengaktifkan widget aplikasi ini di home screen.

Atasi dengan Opera Max

irit data dan baterai

Untuk mengatasi aplikasi yang menguras daya dan data dari smartphone kamu, sebaiknya kamu gunakan Opera Max yang bisa menghemat kuota data kamu sampai 50%. Amati aktivitas dan penggunaan data pada ponsel, baik privasi, penggunaan RAM, konsumsi baterai atau penghematan data. Jika beberapa dari kamu lebih memilih untuk mengatur dengan ketat semua penggunaan aplikasimu, terutama ketika kamu perlu menghemat paket datamu untuk lebih lama. Cara terbaik untuk menghentikan aplikasi dari menguras penyisihan datamu adalah untuk sementara memblokir mereka mengakses data seluler sepenuhnya. Cukup pilih aplikasi yang ingin kamu blokir, dan Opera Max akan memastikan tak akan ada data yang terpakai, hingga kamu membuka aplikasi tersebut kembali.

Coba Opera Max sekarang juga di ponsel pintar Android kamu! Lalu coba cek apa aplikasi di Android yang sering kamu gunakan dan dapat dihemat hingga 50% melalui Opera Max? Share disini atau melalui Facebook dan Twitter Opera Indonesia.

 


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now